Rabu, 29 Februari 2012

WIASATA TAREKOT

pembangunan rekreasi kota malang adalah untuk memenuhi keinginan masyarakat akan sarana rekreasi atau tempat bermain anak-anak di tengah kota yang memadahi dan terjangkau.
    di taman ini juga ada taman satwa yang berisi berbagai macam satwa yang bisa kita lihat. selain itu di sana juga terdapat tempat bermain anak, kolam renang dan gazebo. disana juga terdapat penyewaan dokar wisata yang dapat berkeliling kota.
    wisata taman rekreasi kota malang atau biasa di sebut engan tarekot ini terletak di tengah kota malang yang tepatnya di jalan simpang majapahit di belakang gedung balaikota sekitar taman.
fasilitas lain yang bisa di nikmati adalah jogging track,kolam renang dan area senam bersama .
Kota Malang terkenal sebagai kota yang sejuk dan nyaman ditinggali. Sebagai buktinya adalah banyak mahasiswa pendatang dari luar kota yang memutuskan untuk menetap di kota dingin ini.Iklim yang sejuk dan letak geografis yang nyaman membuat mereka betah. Salah satu daya tarik kota Malang selain pendidikan adalah sektor wisata.Tempat wisata banyak tersebar di seluruh wilayah Malang. Mulai wisata gunung, pantai, mall, tempat rekreasi, semua ada di kota ini.Salah satunya adalah Taman Rekreasi Kota (Tareko), terletak di tengah Kota Malang yaitu di Jl. Simpang Majapahit, tepatnya di belakang Gedung Balaikota Malang,Dibangun pada tahun 2002, Taman Rekreasi Kota Malang adalah untuk memenuhi keinginan masyarakat akan sarana rekreasi atau tempat bermain anak-anak di tengah kota yang memadai dan terjangkau.

Taman Rekreasi Kota Malang memiliki fasilitas antara lain :
SARANA OLAHRAGA :
1. JOGING TRACK
2. KOLAM RENANG
3. AREAL SENAM BERSAMA

SARANA PENDIDIKAN :
1. TANAMAN (FLORA)
2. TAMAN MINI SATWA (FAUNA)

SARANA BELANJA :
1. STAND PRODUK UNGGULAN
2. STAND GASEBO (MAKANAN KHAS MALANG)
Letaknya dibelakang balaikota. untuk masuk melalui samping, sebelum jembatan majapahit.
Cukup bayar ongkos parkir, dan ga bakal nyesel mengajak keluarga, teman, maupun kerabat berkunjung kemari.
Tempat ini lumayan untuk  rileks dan menghibur diri.
ADa taman bermain, aneka satwa burung, dan kolam renang utk anak2.
Wali Kota Malang Peni Suparto, Selasa, mengakui, kondisi "Tarekot" tersebut harus direnovasi, bahkan harus "disulap" menjadi taman rekreasi yang menyerupai "Jatim Park" di Kota Batu.
"Sejak Tarekot dibangun ketika wali kotanya masih dijabat oleh Pak Yitno (Suyitno), kondisinya belum ada perubahan signifikan. Sekarang sudah saatnya untuk direnovasi agar layak disebut sebagai taman rekreasi," tegasnya.
Menurut dia, tingkat kunjungan masyarakat ke Tarekot cukup tinggi, terutama pada Hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur lainnya. Rata-rata arus kunjungannya mencapai 200-400 pengunjung setiap hari.
Hanya saja, tegas Peni, dalam Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2011 belum dicantumkan. "Kami upayakan nanti bisa dianggarkan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK), namun berapa nominalnya masih akan dikaji oleh tim," ujarnya menambahkan.
Mantan anggota Komisi VII DPR RI itu mengatakan jika Tarekot merupakan wahana wisata alternatif di tengah kota yang bisa dinikmati masyarakat luas, walaupun arena mainan dan wahana lainnya masih sangat terbatas terutama alat permainan bagi anak-anak.
Tarekot yang dibangun oleh mantan Wali Kota Malang Suyitno itu merupakan wahana wisata yang lebih banyak mengedepankan pendidikan dan pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan berbagai jenis hewan yang ditempatkan dalam kandang masing-masing.
Hewan-hewan tersebut harus dipisahkan. Jika menjadi satu maka akan bertengkar dan akan mati. Sehingga kita membutuhkan banyak kandang. Tarekot ini, setiap harinya mampu mendatangkan 200 pengunjung. Makanya sangat penting untuk direnovasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar